Manfaat susu


Sering gak sih kamu mendengar mitos yang mengatakan bahwa susu itu identik dengan gemuk. Selain dicap sebagai sumber lemak, ada anggapan kalau dengan segelas susu yang dikonsumsi telah memadai untuk tubuh. Padahal dengan segelas dari si putih ini tentu tidak cukup memenuhi kebutuhan energi tubuh untuk seharian. Perlu ada asupan pendamping dengan menyantap makanan berkarbohidrat atau berprotein tinggi. Oleh karena itulah untuk sarapan yang ideal dan mencukupi kebutuhan gizi setiap pagi cukup konsumsilah segelas si putih “susu” ditambah dengan roti atau nasi beserta sayur dan lauk pauk.

Jual Grosir Eceran Toko Supplier Distributor|Jam Tangan Fashion Wanita Branded KW Semi Ori Murah Terbaru Di Bandung Jakarta Pasar Senen Tanah Abang Surabaya

Nah, konsumsi susu sendiri bermanfaat untuk menjaga kondisi tulang agar tetap kuat dan tidak gampang keropos akibat proses penuaan.

Yang harus kamu ketahui dan pahami mengenai si putih ini adalah beberapa kandungan utamanya sebagai berikut:

1. Protein; yaitu kasein

2. Lemak, antara lain asam lemak miristat, palmitat, stearat, oleat, linoleat, dan linolenat.

3. Karbohidrat; laktosa. Laktosa sendiri merupakan sejenis gula yang memang hanya terdapat dalam susu hewani karena berasal dari kelenjar susu. Laktosa terdiri dari glokosa dan galaktosa yang membentuk rantai disakarida yang akan terurai jika laktosa pecah. Laktosa merupakan komponen gula penting terutama bagi bayi untuk membantu asimilasi kalsium dan fosfor dalam pembentukan tulang dan gigi yang baik.

4.  Vitamin, yaitu vitamin A, D, dan E.

 Nah, apa saja sih manfaat susu ini bagi tubuh?

1. Penguat tulang agar tetap kokoh dan sehat

Dinamika kehidupan yang terus berkembang, membuat banyak perempuan saat ini berperilaku gaya hidup dan pola makan yang salah. Kebanyakan yang terjadi adalah mereka yang beraktivitas tinggi suka beralih ke kopi, gula, garam bahkan rokok sebagai pemecah masalah sekaligus pencegah stres. Kondisi dan keadaan tersebut sesungguhnya, hal tersebut hanya menghambat kerja kalsium dalam pembentukan tulang. Kalsium ini sebagai mineral terpenting dalam pembentukkan komposisi tulang dan gigi, selain fosfor dan zat lainnya. Dalam tulang dan gigi terdapat hampir 90% kadar kalsium. Sedangkan kalsium banyak dijumpai pada susu dan hasil olahan susu (dairy product) seperti susu keju dan yoghurt berikut produk olahan mulai dari biskuit, kue, minuman dan sebagainya.

2. Untuk relaksasi atau istirahat

Susu dengan multikhasiatnya, selain bisa sebagai penguat tulang, juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk anda beristirahat. Mengapa demikian ? Dengan mengkonsumsi susu secara teratur, kandungan triptofannya bisa membantu seseorang dapat beristirahat dengan cepat dan tidur lelap di malam hari. Tubuh seseorang yang setiap hari mengeluarkan zat melatonin, merupakan bagian dari jam alamiah tubuh. Zat ini merupakan hasil pemrosesan dikelenjar pineal yang dikeluarkan pada malam hari. Pengeluaran melatonin akan optimal bila ditunjang oleh triptofan yang banyak dikandung dalam susu, sehingga tubuh akan cepat beristirahat. Terpenting lagi fungsi susu disini adalah, kemampuannya sebagai pengikat logam-logam berat yang bertebaran disekitar kita akibat polusi. Jelaslah bahwa susu berfungsi juga sebagai penawar racun akibat logam berat yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh kita.

Mari mulai biasakan minum ataupun konsumsi susu dalam setiap kesempatan tentunya lebih afdol bila dibarengi dengan selalu rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat bergizi. Utamakan kesehatan tubuh yang dapat memancarkan inner beauty, tampil luar dalam yang ciamik dan jadikan hidup sehat berkualitas.

Iklan